Polisi Cegat Pemudik Nekat, Kecuali Alasan Dinas dan Sakit

CNN Indonesia - Peristiwa   Senin, 5 April 2021

img

Polisi cegat pemudik nekat, kecuali alasan dinas dan sakit jakarta, cnn indonesia -- korps lalu lintas (korlantas) polri tak segan meminta kendaraan yang nekat mudik lebaran untuk putar balik. Meski begitu, ada pengecualian bagi mereka yang ada tugas kedinasan dan hendak melayat atau orang tuanya sakit. Sebelumnya, kepolisian menyiapkan 333 titik penyekatan yang tersebar di sepanjang wilayah lampung hingga bali jelang lebaran 2021. "[mekanisme putar balik] sama [seperti tahun lalu], jadi nanti disekat-sekat, yang melintas diperiksa, diputarbalikkan," kata kepala bagian operasional korlantas polri kombes rudy antariksawan saat dihubungi cnnindonesia.com, senin (5/4).

#div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } pemerintah diketahui telah menetapkan larangan mudik lebaran 2021 pada 6-17 mei. Rudy mengatakan titik-titik pemeriksaan tersebar di beberapa perbatasan wilayah antara kota dengan kabupaten, kemudian titik penyekatan di jalan arteri maupun jalan tol. Nantinya, petugas akan memutarbalikkan kendaraan yang hendak melakukan mudik. Petugas hanya mengizinkan kendaraan melintas apabila memiliki surat tugas ataupun dalam keadaan terdesak.

"yang boleh jalan itu adalah orang yang dalam keadaan dinas, mendesak, ada surat tugasnya. Kalau dia mungkin orang tuanya sakit keras, atau mau melayat itu ada surat keterangan dari luar bisa itu," jelas rudy. Kendati begitu, rudy belum merinci titik-titik lokasi penyekatan. Dia hanya memastikan lokasi penyekatan dapat menahan laju arus mudik lebaran 2021, karena petugas akan berjaga di jalur-jalur yang biasa dilewati pemudik.

"dari lampung sampai bali, saya enggak bisa sebut satu-satu, pokoknya tiap antarkota, antarkabupaten, ada pos sekat. Jadi dari sumatera mau ke jawa enggak bisa, jawa sumatera enggak bisa. Dari jakarta mau ke jawa, juga enggak bisa," tandasnya. Pemerintah secara resmi melarang aktivitas mudik lebaran tahun 2021.

Menteri koordinator bidang pemberdayaan manusia dan kebudayaan (pmk) muhadjir effendy mengatakan, larangan mudik ini merupakan upaya pemerintah dalam menekan penyebaran virus corona (covid-19). Menurut muhadjir, aktivitas mudik lebaran memang dapat menggerakkan roda ekonomi. Namun, mudik di tengah pandemi bisa kembali meningkatkan kasus positif yang mulai melandai beberapa bulan terakhir. Muhadjir mengatakan, jika kasus covid-19 kembali melonjak, biaya penanganan pandemi tak sebanding dengan roda ekonomi yang berputar saat mudik lebaran.


Baca Juga

0  Komentar