Puluhan Warga Positif Covid dari Dua Klaster di Gunungkidul

CNN Indonesia - Peristiwa   Senin, 19 April 2021

img

Puluhan warga positif covid dari dua klaster di gunungkidul jakarta, cnn indonesia -- puluhan warga terkonfirmasi positif virus corona (covid-19) di kabupaten gunungkidul, di yogyakarta. Rangkaian kasus positif covid-19 ini berasal dari dua kelompok atau klaster besar penyebaran virus corona. Kepala dinas kesehatan kabupaten gunungkidul, dewi irawaty mengatakan klaster penularan covid-19 pertama muncul di girisuko, panggang. Klaster covid-19 ini muncul saat layatan warga.

"klaster layatan di panggang, kasus ditracing yang positif covid-19 ada 34 orang," ujar dewi dalam keterangan resminya, senin (19/4). #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } namun, dewi tidak memberikan informasi detail kronologi penularannya hingga membuat 34 orang itu terkonfirmasi positif covid-19. "di antaranya ada dua orang yang meninggal," ujarnya. Dewi menyebut sebagian besar para pasien covid-19 dalam klaster ini tengah menjalani isolasi mandiri.

Ia mengaku pihaknya sudah melakukan tracing kepada sekitar lebih dari ratusan orang. Sementara itu, kata dewi, klaster covid-19 kedua berasal dari acara hajatan di getas, playen. Sebanyak 32 orang terkonfirmasi positif covid-19 dalam klaster tersebut. "sudah diswab 44 orang, hasilnya 32 positif," ujar dewi.

Hajatan di jakarta sementara lurah getas, pamuji mengatakan klaster hajatan di wilayahnya bermula ketika 14 orang warganya pergi mendatangi sebuah acara hajatan di jakarta. Setelah itu, mereka mengikuti acara mitoni atau peringatan tujuh bulan kehamilan di pedukuhan yang ternyata juga tak memperoleh izin dari pihaknya. Beberapa waktu kemudian, tiga dari belasan orang itu merasa kurang enak badan. Lalu, saat diperiksa di puskesmas setempat ternyata yang bersangkutan positif covid-19.

Pamuji tak merinci kapan waktu mereka ke jakarta hingga positif covid-19. Akan tetapi pada minggu (18/4) kemarin, hasil tes kepada para pemilik riwayat kontak erat dengan tiga pasien itu diungkap. Hasilnya, 23 orang dinyatakan terkonfirmasi covid-19. "sebelumnya sudah ada enam warga yang positif sehingga total ada 29 warga yang berasal dari tiga rt dinyatakan tertular corona," kata pamuji.


Baca Juga

0  Komentar