Puluhan WNA Masuk Lewat Bandara Soetta Saat PPKM Darurat, Imigrasi: Itu Hoaks

Medcom   Minggu, 4 Juli 2021

img

Puluhan wna masuk lewat bandara soetta saat ppkm darurat, imigrasi: itu hoaks tangerang: sebuah video memperlihatkan puluhan warga negara asing (wna) tiba di bandara soekarno-hatta, tangerang viral di media sosial. Video berdurasi sekitar 32 detik itu itu mencantumkan tanggal 3 juli 2021 atau bertepatan dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) darurat se-jawa bali saat kedatangan puluhan wna. "tuh, warga negara asing. Iya.

Parah banget ya. Lagi korona gini, lagi ketat-ketatnya korona, pada datang semua ke jakarta. Liat tuh, banyak banget. Lagi sepi, keluar dia orang ," kata seorang perempuan dalam video singkat itu.

Senior manager branch communication & legal bandara soekarno-hatta m holik muardi, mengatakan video berdurasi sekitar 32 detik itu dengan mencantumkan tanggal kedatangan pada 3 juli 2021, tidak benar adanya. "kami pastikan bahwa itu adalah hoaks. Itu framing yang dibuat agar seakan peristiwa di video adalah pada 3 juli 2021. Kenyataannya, pada 3 juli 2021 atau saat berlakunya ppkm darurat jawa-bali berlaku, tidak ada kelompok wna seperti di video tersebut di bandara soekarno-hatta.

Video tersebut juga direkam di terminal 2 yang hanya melayani penerbangan domestik," ujar holik, minggu, 4 juli 2021. Baca: ppkm darurat, ini daftar kegiatan usaha di kota bekasi yang wajib tutup sementara holik menuturkan pihaknya telah berkomitmen menjalankan ketentuan di dalam surat edaran satgas penanganan covid-19 nomor 14/2021 dan surat edaran menteri perhubungan nomor 45/2021 yang berlaku di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) darurat jawa-bali, dan tak melanggarnya. "kami minta kepada seluruh masyarakat tidak memproduksi konten-konten hoaks seperti halnya video yang sengaja diedarkan tersebut," katanya. Sementara, kepala bidang tikim imigrasi bandara soekarno-hatta sam fernando menjelaskan, video tersebut terjadi pada juni 2020.

"lokasi video itu memang diambil di terminal 2 area kedatangan domestik bandara soekarno-hatta. Dan video itu pun terjadi pada juni 2020," ujar sam. Sam menambahkan berdasar pemeriksaan pihaknya, rombongan penumpang di video tersebut merupakan wna asal tiongkok yang hendak keluar dari indonesia pada juni 2020. "wna tiongkok itu yang mau kembali ke wilayahnya dengan menggunakan pesawat carter keberangkatan manado-jakarta- nanning (tiongkok) pada juni 2020," katanya.


Baca Juga

0  Komentar