Rangkuman Covid: Libur Vaksinasi hingga Salat Ied Membeludak

CNN Indonesia - Peristiwa   Kamis, 13 Mei 2021

img

Rangkuman covid: libur vaksinasi hingga salat ied membeludak update corona 13 mei jakarta, cnn indonesia -- sejumlah peristiwa terkait pandemi covid-19 terjadi saat perayaan lebaran idulfitri, kamis (13/5). Keputusan pemerintah meliburkan vaksinasi covid-19 hingga penyelenggaraan salat ied tak sesuai protokol kesehatan jadi sorotan. Kasus positif virus corona (covid-19) di indonesia hari ini, kamis (13/5), bertambah 3.448 orang. Dengan demikian, total kasus positif covid-19 di indonesia sejak yang pertama diungkap pemerintah ri pada 2 maret 2020 kini akumulasinya telah menjadi 1.731.652 orang.

Dari jumlah akumulatif tersebut sebanyak 1.589.079 dinyatakan sembuh (bertambah 4.201) dan 47.716 meninggal (bertambah 99). #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } dengan demikian, berdasarkan data yang diterima dari satgas covid-19 maka jumlah kasus aktif per hari ini pukul 12.00 wib adalah 94.857 cnnindonesia.com merangkum kejadian terkait pandemi covid-19 dalam 24 jam terakhir. Berikut daftar peristiwanya: 1. Vaksinasi libur pemerintah memutuskan meliburkan vaksinasi covid-19 pada masa libur lebaran idulfitri 1442 hijriah.

Vaksinasi ditiadakan pada kamis (13/5) dan jumat (14/5). Juru bicara vaksinasi covid-19 dari kementerian kesehatan siti nadia tarmizi berkata vaksinasi akan dilanjutkan pada sabtu (15/4). Hingga rabu (12/5), 13,7 juta orang telah menerima vaksinasi covid-19 dosis pertama. Sementara itu, baru 8,9 juta orang yang telah menuntaskan dua dosis vaksinasi.

2. Pemerintah akui kebijakan mudik tak sempurna pemerintah mengakui kebijakan larangan mudik idulfitri tak sempurna. Namun, pemerintah terus memperbaiki kebijakan guna mengefektifkan peniadaan mudik. "pemerintah menyadari dalam penerapan kebijakan peniadaan mudik tidak sepenuhnya sempurna namun demikian kebijakan peniadaan mudik tetap dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata wiku dalam konferensi pers secara daring pada rabu (12/5).

Berdasarkan pemeriksaan di sejumlah pos penyekatan, pemerintah menemukan 4.123 dari 6.742 orang pemudik positif covid-19. Selain itu, beberapa pos penyekatan bobol. Misalnya, saat ribuan pengendara sepeda motor memaksa aparat membuka pos penyekatan di kedungwaringin, bekasi, minggu (9/5). 3.

Salat ied langgar protokol kesehatan pada lebaran kali ini, pemerintah mempersilakan warga muslim di zona hijau salat ied berjamaah di masjid. Namun, salat ied di beberapa daerah tak sesuai protokol kesehatan. Contohnya: salat ied di masjid raya baiturrahman, aceh tidak menerapkan jaga jarak antarsaf. Jemaah juga tak menaati imbauan mencuci tangan.

Selain itu, jumlah jemaah membeludak hingga polisi menutup jalan menuju masjid. Antusias warga menjalankan salat ied juga terlihat di masjid cut meutia, menteng, jakarta pusat. Karena jumlah jemaah di dalam masjid dibatasi, saf salat ied meluber ke jalanan. Polsek menteng melakukan penutupan jalan di sekitar masjid guna memberi ruang bagi jemaah yang tak dapat tempat di dalam masjid.

"karena jemaah cukup banyak, untuk mematuhi prokes maka jalan dari arah jalan rp soeroso ke arah jalan cut meutia ditutup dari pukul 6.30 wib sampai sekitar pukul 8.00 wib," kata wakapolsek menteng, jakarta pusat, kompol yulianto saat ditemui cnnindonesia.com, kamis (13/5). 4. Penutupan makam, warga abaikan larangan ziarah pemerintah provinsi dki jakarta mengeluarkan kebijakan untuk menutup seluruh tempat pemakaman umum (tpu) di jakarta, dari 12 hingga 16 mei 2021. Meski begitu banyak masyarakat yang 'ngeyel' untuk berziarah ke tpu di hari raya idulfitri 1442 hijriah.

Berdasarkan pantauan cnnindonesia.com, di tpu jeruk purut, jakarta selatan, tidak sepenuhnya ditutup, kamis pagi. Pintu penghalang masih terlihat terbuka. Terlihat ada beberapa kelompok peziarah yang terdiri 1-5 orang di tpu jeruk purut saat cnnindonesia.com berada di sana. Agus salim koordinator lapangan pengamanan dalam tpu jeruk purut, jakarta selatan mengatakan banyak masyarakat dari berbagai daerah yang masih ngeyel datang walaupun sudah diimbau dilarang berziarah sementara waktu.


Baca Juga

0  Komentar