Rangkuman Covid: Puasa Boleh Tes Swab, Target Vaksin Molor

CNN Indonesia - Peristiwa   Kamis, 8 April 2021

img

Rangkuman covid: puasa boleh tes swab, target vaksin molor update corona 8 april jakarta, cnn indonesia -- pandemi virus corona (covid-19) yang telah menjangkit indonesia selama setahun belakangan ini telah mengakibatkan sebanyak 42 ribu jiwa meninggal akibat terinfeksi wabah global ini. Dalam setahun ini warga juga tak asing diperkenalkan dengan protokol kesehatan 3m yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sementara pemerintah diwajibkan melakukan upaya tes, telusur, dan tindak lanjut (3t). Berbagai kebijakan pemerintah yang telah menuai pro dan kontra juga telah digalakkan, mulai dari pembatasan mobilitas warga hingga program vaksinasi nasional yang sudah berjalan hampir 3 bulan.

#div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } namun demikian, ketersediaan vaksin menjadi rebutan banyak negara di dunia. Akibatnya, beberapa negara mengeluarkan embargo vaksin yang kemudian berpengaruh terhadap stok vaksin indonesia. Cnnindonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut. Swab test tak batalkan puasa komisi fatwa majelis ulama indonesia (mui) menetapkan hukum rapid test antigen dan polymerase chain reaction (pcr) alias tes swab tidak membatalkan ibadah puasa, sehingga dapat dilakukan di siang hari.

Tarif tes antigen rp85 ribu pt kai (persero) menurunkan tarif untuk layanan pemeriksaan rapid test antigen di stasiun kereta menjadi rp85 ribu untuk setiap pemeriksaan. Sebelumnya, manajemen mematok tarif sebesar rp105 ribu per pemeriksaan. Target 1 juta vaksin molor kementerian kesehatan (kemenkes) mengakui target program vaksinasi virus corona sejuta dosis per hari akan molor dari target awal pelaksanaan. Awalnya kemenkes optimis target itu dapat terealisasi di juni-juli 2021.

Namun kemenkes mengulur target menjadi juli-agustus 2021 lantaran embargo vaksin di sejumlah negara mengakibatkan kedatangan pasokan vaksin ke indonesia tertunda. Varian corona eek juru bicara vaksinasi dari kemenkes siti nadia tarmizi menyatakan sejauh ini varian corona eek tidak mempengaruhi efikasi alias kemanjuran vaksin virus corona. Nadia menjelaskan mutasi e484k ini tidak akan memberikan pengaruh mengkhawatirkan apabila ia berdiri sendiri. Namun, bila ditemukan menempel di berbagai varian baru, maka perlu studi lebih lanjut apakah memang berpengaruh terhadap efikasi vaksin.

3 merek vaksin gotong royong vaksin gotong royong alias vaksin mandiri akan menggunakan vaksin produksi perusahaan farmasi asal china sinopharm dan cansino, serta vaksin buatan produksi rusia, sputnik v. Izin darurat untuk vaksin sputnik akan diterbitkan bpom pada akhir april sementara untuk sinopharm pada mei. 9,2 juta orang divaksin kementerian kesehatan mencatat sebanyak 9.257.176 orang telah menerima suntikan dosis vaksin virus corona per kamis (8/4) pukul 12.00 wib. Sementara 4.611.138 orang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin covid-19 di indonesia.

Data covid-19 ri 8 april 2021 data harian yang dirilis satuan tugas penanganan covid-19 per hari ini kamis (8/4) mencatat terdapat penambahan kasus covid-19 baru sebanyak 5.504 orang pada hari ini. Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 7.640 kasus, dan kasus meninggal 163 kasus baru. Sehingga secara kumulatif, sebanyak 1.552.880 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.399.382 orang dinyatakan pulih, 111.271 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 42.227 lainnya meninggal dunia.


Baca Juga

0  Komentar