Satgas Imbau Pemudik dari Zona Merah-Oranye untuk Karantina

CNN Indonesia - Peristiwa   Senin, 17 Mei 2021

img

Satgas imbau pemudik dari zona merah-oranye untuk karantina jakarta, cnn indonesia -- satuan tugas (satgas) penanganan covid-19 meminta warga yang baru saja kembali dari wilayah zona merah-oranye atau daerah dengan risiko penularan covid-19 tinggi-sedang untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing. Ketua satgas penanganan covid-19, doni monardo mengatakan upaya itu dilakukan dengan harapan dapat menekan transmisi penularan virus corona di level mikro atau komunitas. "mereka yang kembali dari daerah zona merah-oranye mohon berkenan untuk melakukan karantina mandiri di kediamannya. Semua ini dilakukan agar penularan kasus bisa kita kendalikan lebih baik dibanding tahun lalu," kata doni dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal youtube sekretariat presiden, senin (17/5).

#div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } doni mewanti-wanti potensi kenaikan kasus covid-19 pascalibur panjang. Ia menyebut setiap selesai libur panjang, terjadi juga kenaikan kasus aktif hingga keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (bor) di rumah sakit covid-19. Ia menyebut, pada setahun terakhir pascalibur panjang, kasus aktif mengalami peningkatan antara 78-116 persen. Sementara kasus kematian warga akibat terpapar covid-19 juga mengalami peningkatan kasus yang berkisar antara 46-75 persen.

"oleh karenanya yang perlu kita perhatikan sekarang adalah bagaimana agar kasus tidak melonjak. Salah satu faktor utama adalah melakukan program karantina secara mandiri bagi mereka yang kembali dari bepergian," pungkas kepala bnpb itu. Sebelumya, juru bicara satgas penanganan covid-19 wiku adisasmito juga sempat mengatakan para pelaku perjalanan arus balik mudik diwajibkan melakukan karantina selama lima hari pasca sampai di tempat tujuan. Wiku menyebut hal itu dilakukan guna memastikan seluruh masyarakat yang kembali ke pulau jawa dalam keadaan sehat, sehingga diharapkan mampu menekan laju penyebaran covid-19.


Baca Juga

0  Komentar