‘Shame on You Rijik’ Trending, Netizen: Semua Sama di Mata Hukum, termasuk Ulama, ini Bukan Kriminalisasi!

Makassar Terkini   Selasa, 23 Maret 2021

img

‘shame on you rijik’ trending, netizen: semua sama di mata hukum, termasuk ulama, ini bukan kriminalisasi! terkini.id, jakarta – pada hari selasa, 23 maret 2021 ini, kalimat “shame on you rijik” menjadi salah satu trending topic di jagat maya twitter. Setelah terkini.id melakukan penelusuran, rupanya kalimat itu digunakan untuk mengecam sikap rizieq shihab atau yang kerap disebut hrs (habib rizieq shihab) dalam dua persidangan sebelumnya. Sekadar informasi, pada hari selasa ini rizieq shihab akan kembali menjalani sidang di pengadilan negeri (pn) jakarta timur. Adapun agenda pada sidang yang akan digelar hari ini, 23 maret 2021, yaitu penyampaian eksepsi atau keberatan atas dakwaan jaksa penuntut umum (jpu).

Sama seperti sebelumnya, menurut humas pn jakarta timur, yakni alex adam faisal, jalannya persidangan akan tetap digelar secara virtual karena masih dalam suasana pandemi covid-19. “yang menjadi rujukan kita peraturan gubernur nomor 3 tahun 2021 bahwa setiap kegiatan yang dilakukan di kantor minimal diberikan jarak satu meter,” kata alex adam faisal saat dikonfirmasi di jakarta pada senin kemarin, 22 maret 2021, dikutip terkini.id dari tempo. Selain itu, alex juga mengatakan bahwa kehadiran tim kuasa hukum rizieq shihab di ruang persidangan pn jakarta timur juga dibatasi jumlahnya guna mencegah kerumunan. Menanggapi persidangan yang akan digelar hari ini, banyak netizen yang rupanya berharap agar rizieq shihab dapat berperilaku baik.

Dalam artian, secara tertib dan disiplin mengikuti persidangan sebagaimana mestinya tanpa adanya drama-drama seperti dua sidang sebelumnya. Hal itu kemudian dituangkan menjadi sebuah kalimat “shame on you rijik” yang pada akhirnya menjadi salah satu trending topic pada hari selasa ini. “penegakan hukum di indonesia menerapkan azas equality before the law alias semua orang sama di depan hukum, tak terkecuali ulama, jangan bilang ini kriminalisasi. Ikuti saja proses hukum sebagaimana mestinya.

Shame on you rijik #sidangvirtualkonstitusional,” tulis akun @batikriwa. “hakim memiliki kewenangan penuh utk mengambil sikap. Apalagi sidang virtual dimungkinkan selama pandemi. Dia sadar punya salah, mknya bertingkah biar seolah2 dizalimi.

Basi banget. Shame on you rijik #sidangvirtualkonstitusional,” tulis akun lainnya @scatteredcomic. “semoga aparat bisa bertindak tegas kepada org2 yg tidak taat peraturan n merasa selalu benar menurut diri sendiri. Masa pandemi kovid-19 masa dimana semua hrs taat protokol kesehatan tanpa terkecuali! shame on you rijik #sidangvirtualkonstitusional,” ujar akun @riantidiani..


Baca Juga

0  Komentar