Tak Terdeteksi, Jejak Pelarian Jozeph Paul Zhang Menghilang di Jerman

Repelita - Berita   Senin, 19 April 2021

img

Tak terdeteksi, jejak pelarian jozeph paul zhang menghilang di jerman youtuber jozeph paul zhang sedang diburu aparat kepolisian karena kasus ujaran kebencian termasuk menghina rasullah di media sosial. Jejak pelarian jozeph tak terendus lagi sejak melarikan diri ke jerman dari hong kong. Fakta itu terungkap dari pernyataan resmi kementerian luar negeri. Juru bicara kemlu, teuku faizasyah saat dikonfirmasi suara.com, senin (19/4/2021) mengklaim pemerintah sempat berkoordinasi dengan imigrasi hong kong saat buronan polri melarikan diri ke negara tersebut.

“dari informasi pejabat kjri hong kong, yang bersangkutan hanya transit di hong kong atau menjadikan hong kong sebagai hubungan untuk penerbangan ke tujuan lainnya,” kata dia. Menurut teuku, joseph transit di hong kong untuk melanjutkan perjalanannya ke jerman. Hingga detik ini, keberadaan joseph masih belum diketahui oleh pemerintah indonesia. “betul (masih dalam pencarian),” ujarnya.

Red notice interpol bareskrim polri masih memburu jozeph paul zhang selaku terduga pelaku kasus penistaan agama. Termuktahir, bareskim polri mengklaim segera menyerahkan daftar pencarian orang atau dpo atas nama jozeph paul zhang kepada interpol. Karo penmas divisi humas mabes polri brigjen pol rusdi hartono mengatakan dpo itu akan diserahkan kepada interpol sebagai dasar untuk diterbitkannya red notice atas nama jozeph. “dpo ini akan diserahkan ke interpol dan daftar pencarian orang ini menjadi dasar bagi interpol untuk menerbitkan red notice,” kata rusdi di mabes polri, kebayoran baru, jakarta selatan, senin (19/4/2021).

Rusdi lantas mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isi konten video jozeph yang mengandung unsur penistaan agama. Dia memastikan bahwa polri akan mengusut tuntas kasus tersebut. Kabur dari jerman diketahui, jozeph sempat terdeteksi berada di jerman. Namun, youtuber yang viral usai menghina nabi muhammad dan islam itu belakangan dinyatakan telah keluar dari jerman.

Duta besar ri di jerman arif havas oegroseno mengatakan berdasarkan data yang dimilikinya, jozeph hanya beberapa bulan saja berada di jerman. Kekinian, pihaknya pun tengah melacak kembali keberadaannya. “infonya sudah keluar dari jerman. Kita lagi lacak,” ujar arif dikutip dari hops.id–jaringan suara.com, senin.


Baca Juga

0  Komentar