Tolak Protokol Covid-19, Keluarga Ambil Paksa Jenazah Positif di Rumah Sakit Kuningan

Inews-indeks   Kamis, 8 Juli 2021

img

Tolak protokol covid-19, keluarga ambil paksa jenazah positif di rumah sakit kuningan kuningan, inews.id - keluarga mengambil paksa jenazah covid-19 dari rumah sakit terjadi di kabupaten kuningan. Pihak keluarga menolak pemulasaraan jenazah dengan protokol covid-19. Peristiwa tersebut sempat terekam kamera dan viral di media sosial. Dalam video amatir berdurasi 30 detik itu, pihak keluarga menyebut rumah sakit tidak mau menyediakan ambulans untuk membawa jenazah.

Akhirnya mereka membawa pulang jenazah dengan menggunakan mobil pikap karena akan segera dimakamkan. Direktur rumah sakit kmc kuningan, ode aman suharti, membenarkan terjadi pengambilan paksa jenazah tersebut. Jenazah pasien berjenis kelamin perempuan ini sebelumnya dinyatakan positif covid-19 seusai tes swab pcr oleh petugas rumah sakit sebelum akhirnya meninggal dunia. "jenazah sempat dirawat di rumah sakit satu hari dengan kondisi sesak napas dan punya penyakit komorbid," kata dia, kamis (8/7/2021).

Tidak hanya itu, pihak rumah sakit juga telah menyediakan ambulans untuk membawa jenazah dengan prosedur covid-19. Namun pihak keluarga menolak membawa jenazah menggunakan ambulans dengan protkol covid-19. Akhirnya pihak rumah sakit meminta kepada keluarga pasien untuk membuat surat pernyataan menolak prosedur pemulasaran covid-19 oleh petugas. Sementara itu, bupati kuningan, acep purnama, mengaku sangat prihatin dengan kejadian pengambilan paksa jenazah oleh pihak keluarga.

Dia berharap kepada masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi musibah virus covid-19 yang terus meningkat di kabupaten kuningan. "tingkat kematian akibat covid-19 di kuningan terus bertambah setiap hari. Warga diimbau untuk selalu patuh protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19," ucap bupati. Editor : asep supiandi.


Baca Juga

0  Komentar