Aparat Bubarkan Massa Aksi Bela Palestina yang Masih Bertahan

CNN Indonesia - Peristiwa   Jumat, 21 Mei 2021

img

Aparat bubarkan massa aksi bela palestina yang masih bertahan jakarta, cnn indonesia -- puluhan anggota brimob dan tni menggiring massa aksi bela palestina yang tersisa keluar dari area jalan medan merdeka selatan, jakarta pusat, menggunakan motor trail saat hari menjelang malam. "kami ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta aksi yang melakukan penyampaian pendapat dengan aman di muka umum," kata petugas melalui mobil pengurai massa (raisa), jumat (21/5). Meski demikian, melalui mobil komando yang bergerak meninggalkan lokasi, salah seorang orator mengatakan akan kembali menggelar aksi di depan kedutaan besar amerika serikat (as) yang berada di area tersebut. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } hal ini disambut takbir oleh demonstran yang membubarkan diri mengikuti mobil tersebut.

Sebelumnya, ribuan massa aksi bela palestina yang melakukan demonstrasi di depan kedubes as tersebut berangsur meninggalkan jalan medan merdeka selatan jelang petang. Hal itu membuat satu ruas jalan medan merdeka selatan menjadi tampak lengang, di mana sebelumnya dipadati ribuan demonstran sejak usai salat jumat siang tadi. Berdasarkan pantauan cnnindonesia.com, massa mulai berangsur meninggalkan lokasi sejak pukul 16.00 wib. Meski demikian, terlihat puluhan massa aksi masih bertahan di lokasi.

Beberapa dari mereka merapat ke satu mobil komando yang tersisa. Sementara, cuaca tampak mendung dan suara gemuruh petir beberapa kali terdengar. Di seberang pembatas jalan dan kawat berduri, aparat kepolisian mengingatkan melalui mobil raisa bahwa waktu telah menunjukkan 16.30 wib lewat. Petugas juga menyerukan kepada massa aksi yang tersisa agar tetap mengikuti protokol kesehatan.

"hindari kerumunam, masih banyak yang tidak pake masker. Ingatkan, korlap," kata petugas. Orator sempat meminta agar diberi waktu sedikit lagi guna melakukan aksi teatrikal. Namun, polisi terus meminta agar mereka segera membubarkan diri.

Puluhan massa aksi yang tersisa lantas menyanyikan lagu indonesia raya sebelum menutup aksi mereka dengan foto bersama sebelum akhirnya digiring petugas meninggalkan lokasi. Begitu lokasi kosong, belasan petugas ppsu lantas membersihkan sampah plastik yang berserakan di jalan medan merdeka barat. Beberapa peserta massa aksi juga memunguti sampah hingga mengumpulkan sekitar enam kantong sampah (trash bag). (iam/kid) [gambas:video cnn].


Baca Juga

0  Komentar