Junta Militer Buka Lagi Sekolah, Guru dan Siswa Menolak Hadir

CNN Indonesia - Asean   Senin, 31 Mei 2021

img

Junta militer buka lagi sekolah, guru dan siswa menolak hadir 1. Junta militer buka lagi sekolah, guru dan siswa menolak hadir 2. Junta militer buka lagi sekolah, guru dan siswa menolak hadir jakarta, cnn indonesia -- sekolah-sekolah di myanmar akan dibuka pada hari selasa (1/6) untuk pertama kalinya sejak militer merebut kekuasaan, tetapi para guru dan siswa akan menentang seruan junta untuk mengisi penuh ruang kelas sebagai bentuk perlawanan. Kondisi myanmar dalam kekacauan selama empat bulan, berikut penggulingan pemimpin sipil aung san suu kyi pada februari, dengan lebih dari 800 orang tewas oleh pasukan keamanan dan pemogokan nasional yang melumpuhkan ekonomi.

Guru sekolah umum - berseragam hijau dan putih yang diamanatkan oleh kementerian pendidikan - menonjol dalam protes massa awal, bergabung dengan pekerja kereta api, dokter dan pegawai negeri di jalanan. #div-gpt-ad-1589442221437-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } junta bersikeras sekolah dibuka pada hari selasa setelah setahun absen karena covid-19, tetapi banyak pendidik telah memutuskan bahwa mereka tidak dapat kembali ke pekerjaan yang mereka sukai. "saya tidak takut dengan penangkapan dan penyiksaan mereka," kata shwe nadi, seorang guru dari ibukota komersial yangon kepada afp. Namanya telah diubah demi keselamatannya.

"saya takut menjadi guru yang mengajarkan propaganda kepada siswa." pria berusia 28 tahun itu dipecat karena mendukung gerakan pembangkangan sipil - salah satu dari ribuan guru dan akademisi yang dipecat junta. "tentu saja saya merasa tidak enak kehilangan pekerjaan karena saya senang menjadi guru. Meski tidak dibayar dengan baik, kami bangga menjadi guru karena orang lain menghormati kami," katanya. Nu may -- bukan nama sebenarnya -- di negara bagian mon selatan juga akan menjauh, katanya kepada afp.

Guru sekolah dasar itu kehilangan gajinya selama berbulan-bulan setelah bergabung dengan boikot nasional, tetapi mengatakan "jiwaku murni" karena dia berpartisipasi dalam pemogokan. "ketika saya melihat bagaimana mereka telah membunuh banyak orang, saya merasa saya tidak ingin menjadi guru mereka lagi," tambahnya. Beberapa dari mereka yang tewas dalam tindakan keras junta merupakan anak sekolah dasar, dan kelompok amal save the children mengatakan korban tewas termasuk 15 anak di bawah usia 16 tahun. 'kami tidak ingin pengkhianat' media yang dikelola junta dalam beberapa hari terakhir memuat gambar pejabat yang menonton pendaftaran sekolah dan menjanjikan bahwa orang tua akan "puas" dengan kembalinya sekolah tatap muka.

Para siswa di sebuah sekolah dekat ibu kota naypyidaw membuka upacara untuk menandai masa ajaran baru dengan membawakan lagu "pekan pendaftaran nasional" di depan menteri pendidikan, menurut surat kabar negara global new light of myanmar. Tetapi di salah satu sekolah menengah di wilayah sagaing tengah, sebuah slogan yang dipulas dengan cat merah di bagian depan gedung mendesak anggota staf untuk menjauh. "kami tidak ingin ada guru perbudakan militer," demikian tayangan gambar yang dimuat media setempat. "kami tidak ingin guru yang berkhianat." mahasiswa universitas adalah pendorong utama aktivisme politik di bawah hampir lima dekade penguasa militer sebelumnya, yang dengan kasar menekan tanda-tanda perbedaan pendapat publik.


Baca Juga

0  Komentar