Kemenag Sumsel Gelar Rukyatul Hilal, Ramadan Jatuh Pada 13 April

Kemenag Sumsel   Senin, 12 April 2021

img

Kemenag sumsel gelar rukyatul hilal, ramadan jatuh pada 13 april palembang, humas sumsel. Meski di tengah pandemi corona virus disease 2019 (covid-19), kantor wilayah (kanwil) kementerian agama provinsi sumatera selatan (sumsel) tetap melakukan kegiatan pemantauan hilal atau rukyatul hilal dalam rangka penetapan awal ramadan 1442 h. Kegiatan rukyatul hilal dipimpin kakanwil kemenag sumsel dr. Drs.

H. Mukhlisuddin sh, ma didampingi kepala bidang urusan agama islam drs. H. Khusrin, mm di atap gedung rafa tower uin raden fatah palembang, senin (12/4) sore.

Turut hadir para tokoh agama, organisasi massa islam, serta awak media baik media cetak maupun media elektronik. Kakanwil menuturkan, sesuai arahan menteri agama, kegiatan rukyatul hilal penetapan 1 ramadan maupun 1 syawal tetap dilakukan meski masih dalam suasana pandemi covid-19. Namun protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 harus diperhatikan dan dipedomani. “sama seperti tahun lalu, seluruh kanwil kemenag se-indonesia diinstruksikan tetap melaksanakan rukyatul hilal sebagai dasar pengambilan keputusan dalam pelaksanaan sidang isbat yang dilakukan kementerian agama,” beber mukhlisuddin.

Sementara itu, terkait hasil kegiatan rukyatul hilal di palembang, mukhlisuddin menjelaskan bahwa tepat pukul 18:03:52 wib saat terbenamnya matahari di palembang, pihaknya melakukan rukyatul hilal. Hasilnya disampaikan langsung kepada kemenag ri melalui direktur urusan agama islam dan pembinaan syariah guna menjadi bahan pada sidang isbat di jakarta. “karena tertutup awan, hilal tidak dapat dirukyat di palembang. Namun berdasarkan perhitungan atau hisab, hilal sudah ada pada ketinggian 3 derajat 38 menit 35 detik di atas ufuk mar'i.

Azimut matahari terbenam 8 derajat 47 menit 53 detik di utara titik barat dan azimut bulan terbenam 6 derajat 54 menit 51 detik di utara titik barat. Intinya, hilal sudah di atas 2 derajat maka tanggal 1 ramadan 1441 h diperkirakan jatuh hari selasa, 13 april 2021 besok,” tuntas mukhlisuddin. Pemerintah tetapkan awal ramadan jatuh pada 13 april 2021 sementara itu, pemerintah menetapkan awal ramadan 1442 h jatuh pada selasa, 13 april 2021. Keputusan ini disampaikan menteri agama yaqut cholil qoumas dalam telekonferensi pers usai sidang isbat awal ramadan 1442h, di auditorium hm rasjidi, kantor kementerian agama jalan mh thamrin, jakarta.

“peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 ramadan jatuh pada esok hari, selasa, 13 april 2021,” tutur menag di jakarta, senin (12/4). Kesepakatan ini menurut menag, diambil setelah peserta sidang mendengarkan pelaporan hasil rukyat (pemantauan) hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomis). Secara astronomis, pada hari pelaksanaan rukyat, 12 april 2021, saat matahari terbenam, posisi hilal di seluruh wilayah indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 2 derajat 37 menit hingga 3 derajat dan 36 menit. Data astronomis (hisab) ini kemudian dikonfirmasi melalui rukyatul hilal yang dilakukan pada 88 titik di 34 provinsi di indonesia.


Baca Juga

0  Komentar