Legenda Ledek Tayub Grobogan Mengeluh Sudah Tua dan Tak Laku Lagi, Ganjar Pranowo Sarankan Lasmi Buat YouTube

Pikiran Rakyat   Rabu, 21 April 2021

img

Legenda ledek tayub grobogan mengeluh sudah tua dan tak laku lagi, ganjar pranowo sarankan lasmi buat youtube pikiran rakyat - dek jaman berjuang, njur kelingan anak lanang, mbiyen tak openi, ning saiki ana ngendi? alunan lagu caping gunung itu mengalun merdu dari mulut legenda tayub grobogan , lasmi sulastri. Lagu itu ia nyanyikan khusus untuk menyambut tamu spesial yang mengunjunginya, selasa 20 april 2021. Bukan tamu biasa yang datang rumahnya, di dusun sambong harjo desa kalisari kecamatan kradenan grobogan. Waranggono berusia 61 tahun itu nampak sumringah menyambut tamunya itu, karena ternyata yang mengunjunginya adalah gubernur jawa tengah , ganjar pranowo.

" sugeng rawuh pak ganjar, monggo pinarak (selamat datang pak ganjar, silahkan duduk, red)," sapa lasmi pada ganjar usai menyanyikan lagu untuk menyambut tamunya itu. Ganjar pun langsung duduk lesehan di atas tikar. Tak ada kursi meja atau ornamen menonjol di rumah sederhana itu. Hanya gambar sepasang penari tayub di dinding dan foto masa muda lasmi yang terpasang di sana.

Obrolan antara ganjar dan lasmi berlangsung sangat hangat. Diselingi canda tawa, ganjar mendapat banyak cerita tentang masa lalu lasmi yang moncer di dunia seni tempo dulu. Apalagi, beberapa kali ganjar minta lasmi menyanyikan beberapa lagu dan dituruti. "kula mpun 41 tahun pak berkecimpung di kesenian.


Baca Juga

0  Komentar