Nazi Sampai Chernobyl, Ini 10 Kebohongan Terbesar Menjadi Sejarah

Viva   Kamis, 12 Mei 2022

img

Nazi sampai chernobyl, ini 10 kebohongan terbesar menjadi sejarah viva – kebohongan terbesar menjadi sejarah yang kita tahu sesungguhnya tak hanya menekankan pada kebenaran saja. Sebab sejarah tercipta bagi siapa yang menang dan berkuasa ini tak luput dari berbagai kepentingan. Sehingga apa yang ditulis memiliki perbedaan dengan kebenarannya. Tak kala sejarah yang beredar di dunia memuat kebohongan, viva kali ini akan mengulas kebohongan terbesar yang menjadi sejarah melalui lansiran dari laman reader’s digest; propaganda nazi-nya, berdasarkan ketakutan dan kebencian, menggambarkan orang-orang yahudi sebagai musuh semua kelas masyarakat.

Hitler menggunakan paksaan, teror, dan manipulasi massal untuk mencuci otak orang agar mempercayai kebohongannya. Tentu saja, setelah perang dunia i yang mengerikan, ketika perjanjian versailles memberlakukan reparasi moneter dan teritorial yang keras terhadap jerman, dan inflasi mata uang jerman menyebabkan kemiskinan dan pengangguran yang meluas, membuat banyak orang putus asa untuk mencari solusi dan siap menerima retorika berdasarkan kesalahan. Dan kebencian. Sayangnya, kebohongan yang diceritakan oleh hitler dan nazi-nya menyebabkan konsekuensi yang mengerikan, kematian setidaknya 17,6 juta orang, termasuk genosida 6 juta orang yahudi.

Pada tanggal 26 april 1986, ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir (400 kali ukuran bom atom yang dijatuhkan di hiroshima) di chernobyl, ukraina, membuat jutaan orang yang tinggal di uni republik sosialis soviet (ussr) terkena radiasi. Butuh otoritas soviet sampai satu hari penuh setelah kejadian sebelum mereka mulai mengevakuasi penduduk dari kota-kota terdekat. Dan untuk memperburuk keadaan, mereka tetap bungkam tentang besarnya situasi dan konsekuensi kesehatannya yang merugikan bagi uni soviet dan dunia. Mikhail gorbachev, sekretaris jenderal partai komunis uni soviet, 18 hari untuk akhirnya mengakui kepada uni soviet dan negara-negara lain betapa mengerikan ledakan itu sebenarnya pada penduduk di dekatnya.

Untungnya, penduduk di daerah yang terkontaminasi hanya terkena radiasi tingkat kecil dan sebagian besar dari mereka yang sangat terkontaminasi berhasil diobati, tetapi kondisi kesehatan akibat radiasi mungkin masih muncul di masa depan. Tidak semua kebohongan itu buruk! faktanya, beberapa kebohongan sebenarnya bisa menguntungkan, seperti saat memenangkan perang. Selama perang dunia ii, amerika tidak dapat menguraikan kode yang digunakan dalam laporan intelijen militer jepang yang mereka cegat, terutama kode “af”, yang menunjukkan lokasi serangan angkatan laut yang direncanakan oleh jepang. Pakar intelijen militer amerika berpikir "af" bisa berarti midway, karena jepang cenderung menunjuk "a" ke lokasi pulau hawaii, dan midway tampaknya menjadi pilihan logis untuk target jepang berikutnya.

Orang amerika memutuskan untuk menguji teori mereka dengan mengirimkan pesan palsu terenkripsi, mengklaim bahwa stasiun penyulingan air tawar midway rusak dan membutuhkan air segar. Tak lama setelah transmisi, sebuah laporan intelijen jepang yang dicegat berbunyi, “af kekurangan air.” kebohongan mereka telah mengkonfirmasi hipotesis amerika serikat menggunakan pengetahuan baru untuk mempersiapkan serangan di midway dan memberikan kemenangan besar yang pada akhirnya membantu negara itu memenangkan perang dunia ii. Selama perang dunia ii, kode lain terbukti sulit dipecahkan—kode enigma nazi. Sekutu sangat ingin memecahkan kode tersebut karena u-boat jerman secara teratur menenggelamkan sejumlah besar kapal dagang yang membawa makanan, minyak, dan pasokan dari amerika utara ke inggris.

Pada bulan juni 1941, matematikawan inggris, termasuk alan turing (pelopor awal dalam komputasi) akhirnya memecahkan kode untuk mengungkapkan semua posisi kapal selam jerman dan memungkinkan kapal untuk menghindari kontak. Sejak saat itu, ultra, proyek intelijen sekutu, menggunakan banyak pesan palsu untuk menjauhkan jerman dari jejak mereka. Keahlian ultra untuk memecahkan kode yang tidak dapat diuraikan berkontribusi besar pada kemenangan sekutu dalam perang dunia ii. Sayangnya, tidak semua peristiwa sejarah berakhir dengan baik dan benar.

Presiden lyndon b. Johnson menyimpan kebohongannya tentang perang vietnam, sampai seorang analis militer membocorkan catatan yang mengungkap tindakan perang presiden ke new york times pada tahun 1971. Pentagon papers adalah studi departemen pertahanan sangat rahasia yang mendokumentasikan sejauh mana keterlibatan politik dan militer amerika di vietnam, dari 1945 hingga 1967. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa truman memberikan bantuan militer kepada prancis dalam perang mereka melawan komunis yang dipimpin viet minh, dan bahwa johnson memulai rencananya untuk mengobarkan perang terbuka di vietnam setahun penuh sebelum menjadi pengetahuan publik, di antara pengungkapan rahasia lainnya.

Pada seri dunia 1919, delapan pemain bisbol chicago white sox dengan sengaja kalah melawan cincinnati reds dengan imbalan suap perjudian sebesar $100.000 (hampir $1,5 juta hari ini). Orang-orang menjadi curiga ketika para atlet white sox mulai bermain buruk seperti biasanya di seri kejuaraan best-of-nine. Juri agung menyelidiki tuduhan skandal ketika para pemain nakal, yang dijuluki black sox karena perilaku olahraga mereka yang curang, didakwa atas sembilan tuduhan konspirasi. Catatan pengadilan yang mendokumentasikan pengakuan pemain secara misterius menghilang, dan kemudian membebaskan atlet "black sox" dari semua tuduhan.

Terlepas dari jaminan dari uni soviet bahwa mereka hanya mengirim senjata pertahanan ke kuba, kenyataannya adalah niat mereka yang sebenarnya adalah untuk menanam rudal di pulau itu. Pada 14 oktober 1962, rahasia itu terbongkar ketika sebuah pesawat mata-mata u-2 amerika melihat dan memotret banyak misil yang menyelinap ke kuba. Pada 22 oktober, presiden john f. Kennedy mengatakan kepada dunia bahwa soviet telah menempatkan rudal—yang mampu membawa hulu ledak nuklir hingga 90 mil dari garis pantai amerika.

Uni soviet mencoba menyembunyikan situs rudal dengan terpal, jaring, cat, dan lumpur, tetapi upaya mereka untuk mengendalikan kerusakan. Setelah bolak-balik intens, pemimpin rusia nikita khrushchev akhirnya menyetujui persyaratan dan membawa rudal kembali ke rusia. Meskipun tidak diketahui secara pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan presiden kennedy untuk membuat keputusannya, 5 keputusan sepersekian detik ini mengubah sejarah. Phineas taylor barnum menciptakan pertunjukan aksi fantastik yang menghibur jutaan orang.

Tuan barnum menghasilkan uang dari kebohongan putih, hiasan, dan eksploitasi. Joice heth, seorang wanita kulit hitam tua yang sebelumnya telah diperbudak, adalah orang pertama yang dia manfaatkan untuk hiburan orang lain. Meskipun perbudakan dilarang di new york di mana dia tinggal, dia menemukan celah dan "menyewa" dia selama satu tahun seharga $1.000 dari seorang kenalannya. Pada mei 1972, lima pria masuk ke markas besar komite nasional demokrat di kompleks watergate di washington, d.c.

Untuk menyadap telepon kantor dan mencuri dokumen rahasia. Sebulan kemudian, mata-mata itu ditangkap ketika mereka tertangkap membobol lagi. Pihak berwenang kemudian menemukan bahwa orang-orang itu bekerja untuk kampanye pemilihan kembali presiden richard nixon. Terlepas dari kecurigaan yang muncul di negara itu, nixon terpilih kembali untuk menjalani masa jabatan kedua setelah menyangkal keterlibatannya dalam skandal tersebut.

Tapi kebohongan dan penipuan nixon tidak cukup untuk mencegah kebenaran terungkap. The washington post mengungkap upaya presiden menutup-nutupi kejahatan watergate berkat pelapor anonim dari fbi. Pada 9 agustus 1974, nixon menjadi presiden as pertama yang mengundurkan diri dari masa jabatan. Charles ponzi, seorang imigran italia, menghasilkan banyak uang dengan berbohong kepada orang-orang.

Faktanya, dia sangat pandai menipu sehingga pemerintah menyebut jenis penipuan menurut namanya skema ponzi. Pada tahun 1920, ponzi menipu ribuan penduduk new england untuk berinvestasi dalam skema spekulasi perangko. Dia berjanji kepada investor bahwa dia bisa memberikan pengembalian 50 persen hanya dalam 90 hari. Setiap kali investor baru memberinya uang, dia akan menggunakan dana itu untuk melunasi investor sebelumnya, menciptakan ilusi bahwa mereka mendapat untung dari bisnis yang sah.


Baca Juga

CNN Indonesia - Seleb  •  11 bulan yang lalu
img Sunmi dan Tiffany SNSD Hadir di Program Baru Girls Planet 999
CNN Indonesia - Peristiwa  •  11 bulan yang lalu
img Mobilitas di DIY Cuma Berkurang 15 Persen Selama PPKM Darurat

0  Komentar